Surabaya Green and Clean Tahun Ini Usung Tema Eco Friendly Living

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Surabaya Green and Clean yang telah berjalan mulai tahun 2005. Bertempat di Graha Sawunggaling Gedung Pemerintah Kota Surabaya lantai 6, Minggu (20/8). Tahun 2017, lomba Surabaya Green and Clean mengambil tema Surabaya Green and Clean “Eco Friendly Living” yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Jawapos. 

Tema Surabaya Green and Clean setiap tahun berbeda dan kali ini menitikberatkan aspek kemandirian, kesehatan sehingga harapannya kehidupan di Surabaya lebih sehat, nyaman dan ramah lingkungan. 

Surabaya Green and Clean merupakan implementasi pengelolaan lingkungan kampung-kampung di Kota Surabaya menuju kampung yang sehat dengan beberapa aspek penting : inovasi pengurangan dan pengolahan sampah termasuk mengurangi sampah plastik, penghijauan & berbunga, inovasi penghematan air (pengolahan air limbah domestik), inovasi menciptakan kampung sehat. 

Nanang Priyanto, Wakil Pimpinan Redaksi PT Jawapos Koran mengungkapkan rasa bangganya dengan kerja sama yang sudah berjalan selama 12 tahun dengan Pemkot Surabaya.

Menurutnya kerja sama ini salah satu kerja sama yang konsisten antara swasta dan pemerintahan. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari dukungan para sponsor yang selama ini mensupport kegiatan Surabaya Green and Clean. Ia berharap kedepan para peserta dapat konsisten dalam menjaga, memperbaiki lingkungan dan terus berinovasi. 

Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya mengungkapkan maksud dari diadakannya Surabaya Green and Clean dan kegiatan lain yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan kampungnya, yaitu pendampingan masyarakat oleh Pemkot Surabaya untuk menciptakan lingkungan sehat di Kota Surabaya. 

Melihat hal itu, Wali Kota berharap kepada warga Surabaya agar bersemangat ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Surabaya Green and Clean ini, harapannya semua RW di Surabaya ikut lomba ini sesuai dengan persyaratan, sehingga nantinya ada peningkatan pengurangan jumlah sampah yang sudah dilakukan oleh masyarakat Kota Surabaya. 

Risma percaya bahwa warga Surabaya, kader lingkungan, fasilitator lingkungan dan stakeholder lainnya dapat bersinergi untuk menjalankan peran masing-masing dalam menciptakan Kota Surabaya hijau, bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali. Ini menjadi ikon best practice Kota Surabaya di dunia. 

Akhirnya atas nama Walikota Surabaya, dilaunching Surabaya Green and Clean 2017 “Eco Friendly Living”, mari kita bekerjasama untuk mensukseskan acara ini dan berupaya mengimplementasikan tujuan kegiatannya. (p/ab)